FAILA, SOVA (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Problem Based Learing(PBL) dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1599Kb) |
||
|
File PDF
TESIS.pdf Download (1599Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta menguji kevalidan, kepraktis dan kefektif produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended memiliki katagori valid/layak digunakan berdasarkan penilaian validator dan memiliki katagori praktis berdasarkan penilaian siswa dan tanggapan guru matematika. Berdasarkan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended dan kelas yang tidak menggunakan Open-Ended dalam PBL. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended yang dikembangkan valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301226230 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 07:54 |
Terakhir diubah: | 08 Feb 2023 07:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68972 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |