Pengembangan Desain Pembelajaran Problem Based Learing(PBL) dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

FAILA, SOVA (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Problem Based Learing(PBL) dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1599Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS.pdf

Download (1599Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta menguji kevalidan, kepraktis dan kefektif produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended memiliki katagori valid/layak digunakan berdasarkan penilaian validator dan memiliki katagori praktis berdasarkan penilaian siswa dan tanggapan guru matematika. Berdasarkan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended dan kelas yang tidak menggunakan Open-Ended dalam PBL. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended yang dikembangkan valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301226230 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:54
Terakhir diubah: 08 Feb 2023 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68972

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir