PENGGANTIAN KERUGIAN OLEH PIHAK PENGANGKUT TERHADAP BARANG KIRIMAN APABILA MENGALAMI KEHILANGAN (STUDI PADA PT NINJA XPRESS DI BANDAR LAMPUNG)

CHRISTO , ARYO MARYUDIANTO (2023) PENGGANTIAN KERUGIAN OLEH PIHAK PENGANGKUT TERHADAP BARANG KIRIMAN APABILA MENGALAMI KEHILANGAN (STUDI PADA PT NINJA XPRESS DI BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1362Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1295Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

PT Ninja Xpress merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Pengangkutan Barang, atas dasar perjanjian pengangkutan yang dibuat antara PT Ninja Xpress dengan pengirim barang dan dibuktikan dengan dikeluarkannya resi pengiriman. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis tanggung jawab PT Ninja Xpress Bandar Lampung jika terjadi kehilangan terhadap barang yang sedang dalam pengiriman dan upaya penyelesaian terhadap hilangnya barang kiriman dalam perjanjian pengangkutan ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-empiris. Dengan tipe penelitian deskriptif karena akan menjelaskan secara sistematis, factual, dan akurat pertanggungjawaban PT Ninja Xpress terhadap barang yang hilang saat pengiriman. Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan Non Judicial Case Study yang mengkaji pertanggungjawaban PT Ninja Xpress terhadap barang yang hilang saat pengiriman, namun tanpa campur tangan pihak Pengadilan. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkam bahwa bentuk tanggungjawab PT Ninja Xpress adalah melalui asuransi barang kiriman. Pada kasus yang diteliti pihak pengirim, ternyata tidak mengasuransikan barang yang dikirim, sehingga tidak dapat diklaim melalui asuransi. Oleh karena itu, penggantian kerugian dilakukan dengan upaya lain, yaitu dengan hasil musyawarah. Hasil musyawarah disepakati penggantian kerugian dengan besaran yang tidak melebihi batas maksimal pengklaiman kerugian jika tidak menggunakan asuransi Kata kunci: Perjanjian Pengangkutan, Hak dan Kewajiban, Tanggung Jawab Pengangkut

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301735588 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:25
Terakhir diubah: 13 Feb 2023 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69146

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir