Dina , Else Fenrnadu (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_DINA ELSE_1923025007_MIPA.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL_DINA ELSE.pdf Restricted to Hanya staf Download (3136Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB IV_DINA ELSE.pdf Download (2848Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-modul terintegrasi STEM pada materi pencemaran lingkungan yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang efektif. Pada penelitian ini, digunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah instrument tes berupa soal pretes-postes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan instrument non tes berupa lembar respon peserta didik dan pendidik. Analisis data berdasarkan data N-Gain, effect size dan persentase deskriptif respon peserta didik dan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul hasil pengembangan terintegrasi STEM dinyatakan “Sangat Valid” (91,7%). Produk e-modul terintegrasi STEM yang dikembangkan juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Efektifitas e-modul yang dikembangkan mendapatkan N-Gain dengan kategori “Sedang” (0,50), selain itu berdasarkan nilai effect size yang didapatkan (0,546), e-modul memiliki kategori “Sedang” dalam memberikan dampak pada kemampuan pemecahan masalah. Selanjutnya, skor hasil respon peserta didik dan pendidik terhadap produk e-modul terintegrasi STEM yang dikembangkan dinyatakan “Sangat Menarik” oleh peserta didik (86,6%) dan pendidik (83%). Kata kunci : E-modul, STEM, PJBL, pemecahan masalah. Abtract This study aims to develop an integrated STEM e-module on environmental pollution material that is oriented towards increasing effective problem solving skills. In this study, was used ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The instruments used were test instruments in the form of pretest-posttest questions to measure problem-solving skills and non-test instruments in the form of students and teachers response sheets. Data analysis based on N-Gain data, effect size and descriptive percentage of student and teacher responses. The results of the study show that the e-module resulting from STEM integrated development is declared "Very Valid" (91.7%). The developed STEM integrated e-module product was also found to be effective in increasing problem solving abilities. The effectiveness of the developed e-module gets an N-Gain in the "Moderate" category (0.50), besides that based on the effect size value obtained (0.546), the e-module has a "Medium" category in having an impact on problem solving abilities. Furthermore, the scores of students' and educators' responses to the STEM integrated e-module products developed were declared "Very Interesting" by students (86.6%) and educators (83%). Keywords: E-module, STEM, PJBL, problem solving
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 2301395398 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 07:16 |
Terakhir diubah: | 13 Feb 2023 07:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69158 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |