ANALISIS SENTIMEN OPINI MASYARAKATPENGGUNA TWITTER TERHADAPPARIWISATA LAMPUNGMENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINEDANNAIVE BAYES

ARFINA , SHELLA MEILANY (2022) ANALISIS SENTIMEN OPINI MASYARAKATPENGGUNA TWITTER TERHADAPPARIWISATA LAMPUNGMENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINEDANNAIVE BAYES. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1350Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1313Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pesatnya perkembangan teknologi membentuk gaya hidup serba digital. Perangkat elektronik sering digunakan sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengakses informasi. Penyebarluasan informasi seperti referensi, berita, hingga tren terkini dapat dengan mudah dilakukan melalui media sosial. Salah satu media sosial yang paling populer digunakan sebagai sarana penyediaan berbagai sumber data penelitian, informasi, dan opini publik adalah Twitter. Dengantweetmenjadi gambaran proses mendapatkan informasi tersebut dan menganalisis opini dengan memanfaatkan salah satu riset yaitu analisis sentimen. Analisis sentimen adalah proses untuk mengevaluasi pendapat pengguna media sosial seperti Twitter.Pendapat atau penilaian yang disampaikan oleh pengguna Twitter terkait topik suatu objek atau peristiwa yang baru-baru ini terjadi dan salah satu topik populer yang diperbincangkan oleh masyarakat Lampung terkait Pariwisata Lampung.Pariwisata Lampung merupakan sektor salah satu provinsi tujuan wisata di Indonesia yang memiliki berbagai fasilitas yang disediakan. Dalam penelitian ini,kami membandingkan dua algoritmaSupport Vector Machine(SVM) danNaive Bayesdalam analisis sentimen menggunakan data dari Twitter terkaitPariwisata Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakanSupport Vector Machine (SVM) menunjukkan hasil kinerja yang lebih baik dengan nilai akurasi sebesar 94,11% dibandingkan denganNaive Bayesyang memiliki nilai akurasi sebesar 93,78%. Kata Kunci: Analisis Sentimen,Support Vector Machine(SVM),Naive Bayes,Twitter, Pariwisata Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2301025384 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:45
Terakhir diubah: 14 Feb 2023 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69225

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir