PERAN GURU DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK USIA DINI

NELLA , ASTANTI (2022) PERAN GURU DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK USIA DINI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (309Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1157Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1079Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam upaya mengembangkan kemampuan mengenal keaksaraan pada anak usia dini. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan metode survey. Sampel penelitian menggunakan total sampling, dengan jumlah 44 guru Taman Kanak-kanak (TK) yang mengajar anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan hasil yang menunjukkan bahwa peran guru dalam upaya mengembangkan kemampuan mengenal keaksaraan pada AUD sudah baik dengan persentase sebesar 40,91%. Guru sudah menerapkan keempat peran yaitu sebagai fasilitator dengan cukup baik (43,18%), demonstran/demonstrator dengan sangat baik (34,09%), pengarah dengan cukup baik (34,09%) dan motivator dengan sangat baik (54,27%). Kata Kunci: anak usia dini, keaksaraan, peran guru.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301283593 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:03
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 01:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69430

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir