GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT)

ROHIMIN, 2123012013 (2023) GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1955Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1956Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan Path-Goal Theory kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMPN Satu Atap 1 Tulang Bawang Barat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku kepemimpinan direktif (directive) kepala sekolah pada aspek memberikan informasi dan pengawasan telah terlaksana dengan baik, namun aspek memberikan arahan, bimbingan, dan melakukan koordinasi masih perlu ditingkatkan kembali. 2) Perilaku kemimpinan suportif (supportive) kepala sekolah pada aspek menciptakan suasana kekeluargaan telah dilaksanakan dengan baik, namun aspek penetapan pedoman kerja, supervisi pembelajaran, memberikan solusi, dan dukungan kepada guru perlu ditingkatkan kembali. 3) Perilaku kemimpinan partisipatif (participative) kepala sekolah pada aspek melakukan kerja sama dan kegiatan diskusi bersama warga sekolah telah terlaksana dengan baik, namun aspek partisipasi dan komunikasi antarwarga sekolah masih perlu ditingkatkan kembali. 4) Perilaku kemimpinan orientasi pada prestasi (achievement-oriented) kepala sekolah pada aspek pengembangan karier, kompetensi kerja, penghargaan (reward), perhatian khusus, dan menjadi teladan bagi warga sekolah masih perlu ditingkatkan kembali. Temuan menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Path-Goal Theory kepala sekolah di SMPN Satu Atap 1 Tulang Bawang Barat didominasi oleh perilaku kepemimpinan yang direktif dan partisipatif. Kepala sekolah sudah mampu dengan baik dalam memberikan informasi terkait prosedur kinerja guru, pengawasan kinerja guru, melakukan kerja sama, dan diskusi bersama warga sekolah. Kata kunci: kepemimpinan, path-goal theory, kepala sekolah, kinerja guru This study aims to describe the principal's path-goal theory leadership style to improve teacher performance at SMPN Satu Atap 1 Tulang Bawang Barat. The research method uses a qualitative approach with the type and design of case study research. Data collection techniques used include interviews, observations, and document studies. Data analysis techniques include data collection, data reduction, drawing conclusions, and verifying data. The results showed that: 1) The principal's directive leadership behavior in the aspect of providing information and supervision has been carried out properly, but the aspects of providing direction, guidance, and coordination still need to be improved again. 2) The principal's supportive leadership behavior in the aspect of creating a family atmosphere has been implemented well, but the aspects of setting work guidelines, supervising learning, providing solutions, and support to teachers need to be improved again. 3) The principal's participative leadership behavior in the aspect of cooperating and discussion activities with school residents has been carried out well, but the aspects of participation and communication between school citizens still need to be improved again. 4) The principal's achievementoriented leadership behavior in the aspects of career development, work competence, rewards, special attention, and being an example for school residents still need to be improved. The findings show that the principal's path-goal theory leadership style at SMPN Satu Atap 1 Tulang Bawang Barat is dominated by directive and participative leadership behavior. The principal has been able to provide information related to teacher performance procedures, supervision of teacher performance, cooperation, and discussion with school residents. Keywords: leadership, path-goal theory, principal, teacher performance

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301965989 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:44
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69472

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir