PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI GRADE DAN GENDER DI KABUPATEN PESAWARAN

WINDY , PRADANI (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI GRADE DAN GENDER DI KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3421Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3024Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan menguji validitas konstruk Kuesioner Motivasi Kimia-II yang dikembangkan oleh Salta & Koulougliotis (2014), mengetahui hubungan antar faktor motivasi belajar, mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik, dan mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia peserta didik. Kuesioner Motivasi Kimia-II ini terdiri dari 25 item pernyataan yang mencakup 5 faktor yaitu faktor motivasi nilai, efikasi diri, determinasi diri, motivasi karir, dan motivasi intrinsik. Kuesioner Motivasi Kimia-II yang asli diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan dibantu oleh ahli bahasa kemudian dibagikan kepada 351 peserta didik sekolah menengah atas. Berdasarkan analisis faktor konfirmatori yang mendukung model lima faktor motivasi belajar dari Kuesioner Motivasi Kimia-II didapat model fit dengan 1 korelasi antara item pernyataan nomor 23 dan 25. Adapun, uji t pada nilai rata-rata laten menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan, tetapi tidak terdapat perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik kelas X dengan kelas XII dan peserta didik di sekolah negeri dengan peserta didik di sekolah swasta. Uji t-test regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Kabupaten Pesawaran. Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar kimia, analisis faktor konfirmatori, jenis kelamin, tingkatan kelas, jenis sekolah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301366556 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:07
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69490

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir