MUTIARA , PUGUNG TAMPAK EDLA (2023) EVALUASI HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS FAKTOR DI SMA KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1226Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1022Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan menguji validitas Chemistry Motivation Questionaire II (CMQ II) yang dikembangkan oleh Salta dan Koulogliotis (2014), mengetahui hubungan antar faktor motivasi belajar, mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa ditinjau dari grade, gender dan sekolah, serta mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa. CMQ II ini terdiri dari 25 item pernyataan yang mencakup 5 faktor yaitu motivasi intrinsik, motivasi karir, efikasi diri, determinasi diri, dan motivasi nilai. CMQ II ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan disebarkan kepada 370 siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 14 Bandar Lampung dan SMA AlAzhar 3. Setelah membuang data oulier, didapatkan 365 data yang digunakan untuk menganalisis validitas konstruk struktural model menggunakan analisis faktor konfirmatori. Berdasarkan analisis faktor konfirmatori didapatkan model fit CMQ II yang mendukung lima faktor CMQ asli dengan 21 item pernyataan dan satu korelasi pada item pernyataan nomor 23 dan 25. Uji-t pada nilai rata-rata laten menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan, akan tetapi tidak terdapat motivasi belajar kimia yang signifikan antara siswa kelas X dengan kelas XII dan antara siswa sekolah negeri dengan sekolah swasta. Pada uji t-test regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar kimia terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Motivasi Belajar Kimia, Hasil Belajar, Analisis Faktor Konfirmatori, Jenis Kelamin, Tingkatan Kelas, Jenis Sekolah.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2301375617 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 07:58 |
Terakhir diubah: | 17 Feb 2023 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69535 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |