Hubungan antara Gaya Komunikasi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Global Madani Bandar Lampung Tahun Akademik 2022/2023

Niken, Prima Dita (2023) Hubungan antara Gaya Komunikasi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Global Madani Bandar Lampung Tahun Akademik 2022/2023. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (890Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (827Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya komunikasi orang tua dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi pada penilitian ini adalah siswa kelas XI SMA Global Madani Bandar Lampung yang berjumlah 79 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya komunikasi orang tua dengan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data diperoleh nilai sig. 0.665 > 0.05 dan rhitung< rtabel, N = 79 dengan dengan nilai alpha 0.05 yaitu 0.050 < 0.2213 sehingga diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya komunikasi orang tua dengan motivasi belajar siswa di SMA Global Madani Bandar Lampung, terutama pada siswa kelas XI tahun akademik 2022/2023. Pada uji hipotesis gaya komunikasi orang tua agresif terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai sig. 0.982 > 0.05 sehingga dinyatakan tidak terdapat hubungan, uji hipotesis gaya komunikasi orang tua pasif terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai sig. 0.240 > 0.05 sehingga dinyatakan tidak terdapat hubungan, dan pada uji hipotesis gaya komunikasi orang tua asertif terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai sig. 0.078 > 0.05 sehingga dinyatakan tidak terdapat hubungan. Adapun siswa dengan motivasi belajar paling tinggi berasal dari siswa dengan gaya komunikasi orang tua agresif dengan presentase 19%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi
100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2301611853 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:19
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 09:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69548

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir