IDENTIFIKASI DAMPAK MOTIVASI BELAJAR KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS FAKTOR

Titin , Istiqomah (2023) IDENTIFIKASI DAMPAK MOTIVASI BELAJAR KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS FAKTOR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKIRPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1730Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1354Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas instrumen CMQ II versi Bahasa Indonesia, hubungan antar faktor motivasi dalam instrumen, perbedaan motivasi belajar kimia ditinjau dari perspektif gender, grade, sekolah, dan pengaruh motivasi belajar kimia terhadap hasil belajar kimia. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1, X MIPA 2, XI MIPA 1, XI MIPA 2, XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 di SMA IT Baitul Muslim yang berjumlah 164 dan siswa kelas X IPA 5, X IPA 6, XI IPA 4, XI IPA 6, XII IPA 5, dan XII IPA 6 di SMA Negeri 1 Way Jepara yang berjumlah 194. Data penelitian terlebih dahulu diuji outlier dan diperoleh 345 data untuk selanjutnya dilakukan analisis faktor konfirmatori. Hasilnya, instrumen CMQ II versi Bahasa Indonesia valid digunakan di Lampung Timur. Selanjutnya untuk mengetahui perbedaan motivasi lintas kelompok gender, grade, dan sekolah digunakan uji rata-rata laten. Hasilnya, kelompok siswa laki-laki, siswa kelas 10, dan sekolah swasta memiliki motivasi belajar kimia yang lebih tinggi daripada kelompok siswa perempuan, siswa kelas 12, dan siswa sekolah negeri. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar kimia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Teknik Analisis Faktor, CMQ II, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301301581 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:21
Terakhir diubah: 20 Feb 2023 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69582

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir