EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOKIMIA PELANGIRAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Ipni Gustina, 1813023050 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOKIMIA PELANGIRAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOKIMIA PELANGIRAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT Oleh IPNI GUSTINA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem based learning berbasis etnokimia pelangiran dalam meningkatkan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 192 peserta didik dan ditetapkan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model problem based learning berbasis etnokimia pelangiran dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n- Gain dan uji effect size terhadap literasi kimia siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria Hake (1998), hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain literasi kimia peserta didik untuk kelas eksperimen 0,67 dan kelas kontrol 0,56 keduanya memiliki kriteria sedang. Meskipun kriteria kedua kelas sama, dari hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara n-Gain literasi kimia kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size menujukkan 93% tingginya kemampuan literasi kimia siswa kelas eksperimen dipengaruhi oleh pembelajaran dengan model problem based learning berbasis etnokimia pelangiran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbasis etnokimia pelangiran efektif dalam meningkatkan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: problem based learning, etnokimia, etnokimia pelangiran, literasi kimia, elektrolit dan nonelektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301398240 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:43
Terakhir diubah: 20 Feb 2023 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69585

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir