ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DI PEDESAAN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Ibu dan Anak yang Bersekolah di SDN 2 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah)

NEYSSY , WAHYUNI FD. BR. D (2023) ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DI PEDESAAN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Ibu dan Anak yang Bersekolah di SDN 2 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3500Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3540Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3534Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberhasilan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 sangat ditentukan oleh situasi komunikasi antara ibu dan anak khususnya yang bersifat interpersonal karena proses pembelajaran dikelas yang seharusnya guru dan anak berinteraksi saling bertatap muka bergeser menjadi pembelajaran di rumah dimana ketika anak belajar ibu menjadi pengganti guru saat di sekolah. Saat belajar daring peran ibu sangat berpengaruh dalam mencapai keberhasilan pembembelajaran daring maka dari itu komunikasi interpersonal ibu dan anak sangat berpengaruh untuk keberhasilan pembelajaran ini. Pada masa pandemi COVID-19 ini banyak pembelajaran dilakukan secara online yang dimana banyak melibatkan komunikasi interpersonal ibu dan anak banyak dilakukan di rumah untuk mencapai keberhasilan pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan komunikasi interpersonal ibu dan anak di pedesaan dalam menunjang keberhasilan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif yakni menganalisis hasil yang dilakukan di lapangan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini ada sebelas informan yakni empat informan dari ibu, empat informan dari anak dan tiga informan dari guru. Karakteristik ibu dan anak dipedesaan yang dimana ibu tidak bekerja disatuan waktu ibu hanya memiliki pekerjaan berladang dan menjaga warung dan anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar perlu bimbingan belajar dari ibu, penelitian ini dilakukan selama satu bulan yang ditempatkan di Kecamatan Bumi Ratu Nuban yang terdiri dari beberapa desa yakni Desa Bumi Arum, Kebagusan dan Bumi Agung yang dimana desa ini dekat dengan sekolah SDN 2 Bumi Ratu. Hasil penelitian menyatakan komunikasi ibu dan anak dapat menunjang dalam keberhasilan proses pembelajaran daring. Hal ini komunikasi ibu dan anak yang mengenai anak yang dimana dapat mahami pelajaran, senang belajar dan iv dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Keberhasilan ini ditunjang oleh penerapan unsur-unsur aspek keterbukaan dan aspek sikap empati yang dimana ibu dapat menjadi peran guru saat di rumah, menjadi fasilator, motivator dan menjadi pembimbing anak dalam mencapai keberhasilan anak. Kendala yang dihadapi adalah aspek sikap positif, aspek dukungan dan aspek kesetaraan yang dimana teknologi dan penggunaan isi pelajaran oleh ibu sebagai sumber belajar anak. Kata kunci: komunikasi interpersonal, pembelajaran daring, pandemi COVID- 19.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301593283 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2023 08:39
Terakhir diubah: 20 Feb 2023 08:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69655

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir