PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI TEKNIK KERJA KELOMPOK SISWA KELAS V-B SDN 1 PALAPA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Wistriyana, 1113066008 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI TEKNIK KERJA KELOMPOK SISWA KELAS V-B SDN 1 PALAPA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1-2.pdf

Download (296Kb) | Preview
[img] File PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (409Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui teknik kerja kelompok siswa kelas V-B SD Negeri 1 Palapa tahun pelajaran 2011/2012 merupakan rumusan masalah dalam penelitian ini . Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara teknik kerja kelompok dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui teknik kerja kelompok, khususnya siswa kelas V-B SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. Peneliti melakukan penelitian menggunakan teknik kerja kelompok dalam dua siklus. Sebelum melaksanakan kedua siklus tersebut peneliti melakukan tes awal atau prasiklus. Peneliti menggunakan hasil tes setiap siklus untuk mengukur tingkat pemahaman dan keberhasilan pembelajaran. Peneliti menjadikan tes dan ii pengamatan setiap siklus, sebagai dasar untuk perencanaan dan pelaksanaan siklus berikutnya. Hasil penelitian prasiklus menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan diperoleh rata-rata nilai 52,25 atau dalam kategori kurang. Pada siklus pertama, nilai rata-rata tersebut naik sebesar 13,37% menjadi 65,62 atau kategori cukup. Pada siklus kedua nilai rata-ratanya meningkat lagi sebesar 7,5% menjadi 73,12 dengan kategori baik. Dengan demikian terjadi peningkatan 70% dari hasil siklus pertama dibandingkan dengan prasiklus, begitu pula hasil siklus kedua dibandingkan siklus pertama meningkat 58,8%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:26
Terakhir diubah: 16 Feb 2015 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6973

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir