PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU TANYA BIOLOGI PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII SMP/MTs

Husniyah, Sofdita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU TANYA BIOLOGI PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII SMP/MTs. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Husniyah Sofdita_1813024010.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Husniyah Sofdita_1813024010.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2762Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Husniyah Sofdita_1813024010.pdf

Download (2258Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Kartu Tanya Biologi pada materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di MTs Negeri 1 Prabumulih. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun tahapan dalam model 4-D ialah Tahap Pendefinisian (define); 2) Tahap Perancangan (design); 3) Tahap Pengembangan (development); 4) Tahap Penyebaran (dissaminate) namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Pengembangan (development). Data penelitian terdiri dari data kelayakan produk pada uji coba skala kecil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Pada hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran berupa Kartu Tanya Biologi yang sudah tervalidasi dengan melewati tahap uji validasi dan uji coba produk skala kecil sehingga diperoleh skor kelayakan ahli media 84% kategori “sangat layak”, ahli materi sebesar 83% kategori “sangat layak”, ahli praktisi 88% kategori “sangat layak”, uji coba produk skala kecil 86% kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kartu Tanya Biologi yang dikembangkan memenuhi kategori sangat layak sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301813087 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:37
Terakhir diubah: 21 Feb 2023 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69742

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir