PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SELPANA MENGANO , 1013066017 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (299Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV-V & DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (544Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar dan tingkat kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarame. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus mempunyai tahap-tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tidakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Siklus kesatu dan kedua dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Analisis data hasil tes dilakukan dengan menggunakan persentase nilai perolehan siswa untuk seluruh indikator dibagi jumlah skor maksimal. Rerata nilai kemampuan siswa dalam menulis puisi, untuk seluruh unsur instrinsik puisi pada siklus I sebesar 52,15 dan berada pada tingkat kemampuan kurang, sedangkan pada siklus II sebesar 70,15 dan berada pada tingkat kemampuan baik. Untuk penilaian seluruh unsur instrinsik puisi nilai rata-rata yang diperoleh mengalami peningkatan sebesar 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata iii perolehan siswa pada siklus kedua telah mencapai kriteria ketuntasan minimum untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 65. Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan media gambar mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarame Tahun Pelajaran 2011/2012.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:26
Terakhir diubah: 16 Feb 2015 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir