IMPLEMENTASI INQUIRY BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

AL, KHODRI (2023) IMPLEMENTASI INQUIRY BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (303Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh IBL STEM dengan Flipped Classroom pada topik perubahan iklim terhadap peningkatan kemampuan berpikir sistem peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagelaran Pringsewu. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir sistem dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 kategori tinggi. Hasil Independent Sample T-test diperoleh bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkan pengaruh treatment secara signifikan terhadap kemampuan berpikir sistem peserta didik. Besarnya pengaruh treatment juga ditunjukkan dari nilai Cohen’s (d) sebesar 2,79 dengan kategori besar. Hal ini menunjukan pembelajaran fisika pada materi perubahan iklim menggunakan model Inquiry Based Learning STEM dengan Flipped Classroom berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301832006 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:31
Terakhir diubah: 22 Feb 2023 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69820

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir