PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PENGAMATAN PADA SISWA KELAS V-B SDN 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DIANA IRYANI, 1113066002 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PENGAMATAN PADA SISWA KELAS V-B SDN 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover ptk gw.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I tugas PTK 2.pdf

Download (423Kb) | Preview
[img] File PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (422Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya kemampuan menulis puisi siswa SDN 1 Tanjung Senang merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara menggunakan teknik pengamatan guna meningkatkan kemampuan menulis puisi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui teknik pengamatan, khususnya siswa kelas V-B SDN 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V-B SDN 1 Tanjung Senang tahun ii pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 29 orang, terdiri atas 13 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam menulis puisi di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 51,72 dari 29 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 27 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan teknik pengamatan, kemampuan menulis puisi pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 64,55 atau meningkat sebesar 13,00% sedangkan siswa yang tuntas 17 dari 29 siswa atau 60%. Selanjutnya, kemampuan menulis puisi pada siklus II diperoleh nilai ratarata sebesar 74,20 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 11,53% dengan ketuntasan klasikal 27 siswa atau sebesar 90%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pengamatan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V-B SDN 1 Tanjung Senang Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:25
Terakhir diubah: 16 Feb 2015 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6987

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir