PENINGKATAN KEMAMPUAN MERINGKAS CERITA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V-A SD NEGERI 2 KEDAMAIAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

RATNA DEWI, 1113066007 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MERINGKAS CERITA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V-A SD NEGERI 2 KEDAMAIAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover ptk gw.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1 2 3 Ptk Ratna.pdf

Download (371Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV, V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (327Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya kemampuan meringkas cerita siswa SD Negeri 2 Kedamaian merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara memanfaatkan media gambar guna meningkatkan kemampuan meringkas cerita. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan meringkas cerita melalui metode inkuiri, khususnya siswa kelas V-A SD Negeri 2 Kedamaian, Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V-A SD Negeri 2 Kedamaian tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 14 laki-laki dan 18 pe- rempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam meringkas cerita di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 51,62 dari 32 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 30 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode inkuiri, kemampuan meringkas cerita pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 61,40 atau meningkat sebesar 9,78 atau 11,83% sedangkan siswa yang tuntas 17 dari 32 siswa atau 60%. Selanjutnya, kemampuan meringkas cerita pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 9,72 atau 11,53% dengan ketuntasan klasikal 29 siswa atau sebesar 85%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas cerita pada siswa kelas V-A SDN 2 Kedamaian sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:25
Terakhir diubah: 16 Feb 2015 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6989

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir