MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS I SDN 1 NEGERI OLOK GADING TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

, Masidar (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS I SDN 1 NEGERI OLOK GADING TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover 2.pdf - Published Version

Download (180Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (319Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (300Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV Part 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207Kb)
[img] Text
BAB IV Part 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (900Kb)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (786Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1741Kb)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran pokok pada jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi harus terus ditingkatkan. Aktivitas dan hasil pembelajaran siswa kelas I SDN 1 Negeri Olok Gading, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampungmasih rendah, belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu, 60. Hal ini disebabkan karena pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan umumnya adalah pendekatan konvensional, dengan menggunakan metode ceramah, bahkan masih jarang menggunakan media pelajaran yang sudah disiapkan oleh sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi pembelajaran siswa kelas I SDN 1 Negeri Olok Gading, Kecamatan Telukbetung Barat, Bandar Lampung, Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 29 orang . Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berdaur ulang atau bersiklus, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Metode pelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tiknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sampai 18,62%. Pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas siswa 65,52% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,23%. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai tes siswa 60 dan pada siklus II rata-rata nilai tes 76,89 atau meningkat 16,89%. Kata Kunci: Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:16
Last Modified: 03 Feb 2014 04:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item