ANALISIS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 45 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

MIA, AULIA (2023) ANALISIS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 45 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3070Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1472Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kesulitan belajar siswa pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan BK dalam mengatasi kesulitan belajar pada masa pandemi di SMP Negeri 45 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket pelaksanaan layanan BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi. Hasil dari penelitian yang terdiri dari 23 item ini, masuk dalam kategori kurang baik, dengan presentase 43%, dengan hasil 4 layanan yaitu layanan penempatan dan penyaluran, informasi, mediasi dan konseling individu masuk dalam kategori kurang baik dan 3 layanan lainnya yaitu layanan konsultasi, orientasi dan bimbingan kelompok masuk dalam kategori baik. Dengan demikian, guru BK belum bisa melaksanakan layanan-layanan BK dengan baik untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi. Kata kunci : kesulitan belajar siswa, pandemi, layanan BK. The problem in this study is the implementation of guidance and counseling services in overcoming the problem of student learning difficulties during the COVID-19 pandemic. This study aims to determine how the implementation of counseling services helped students overcome learning difficulties during the pandemic at SMP Negeri 45 Bandar Lampung in the 2021–2022 school year. The method used in this research is descriptive with a quantitative approach. Data collection in this study used a questionnaire on the implementation of counseling services in overcoming student learning difficulties during the pandemic. The results of the study, which consisted of 23 items, were in the poor category, with a percentage of 43%, with the results of 4 services, namely placement and channeling services, information, mediation, and individual counseling, in the poor category, and 3 other services, namely consultation, orientation, and group guidance services, in the good category. Thus, counseling teachers have not been able to implement counseling services properly to overcome student learning difficulties during the pandemic. Keywords: student learning difficulties, pandemic, counseling services.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2301817034 . Digilib
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:41
Terakhir diubah: 20 Mar 2023 01:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70136

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir