PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBANGKIT ARGUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA

Tri Retno, Ningsih (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBANGKIT ARGUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img] File PDF
THESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1829Kb)
[img]
Preview
File PDF
THESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1301Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa. Penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kotabumi tahun pelajaran 2022/2023 dengan siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian berupa produk pengembangan LKPD dengan model pembelajaran pembangkit argument yang telah dinyatakan: 1) valid oleh ahli materi ditunjukkan dengan nilai kelayakan isi sebesar 78%, valid oleh ahli media ditunjukkan dengan nilai kelayakan sebesar 73%, valid oleh ahli bahasa ditunjukkan dengan nilai kelayakan sebesar 82%. 2) praktis setelah diujicobakan mendapat skor sebesar 79% sehingga termasuk dalam kategori tinggi dan dinyatakan layak. 3) efektif setelah diuji menggunakan uji beda dan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD dengan model pembelajaran pembangkit argumen dan siswa yang tidak menggunakan LKPD dengan model pembelajaran pembangkit argumen. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan model pembelajaran pembangkit argumen yang dikembangkan valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa. Kata kunci: kemampuan berpikir logis, LKPD, model pembelajaran pembangkit argumen.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301749321 . Digilib
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:15
Terakhir diubah: 21 Mar 2023 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70153

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir