PENGEMBANGAN MODUL BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn

Ade Aransyah , 2123011006 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3273Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3044Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pendidikan harus selalu dirancang untuk siap dalam menghadapi perkembangan zaman. Adanya tuntutan pada mata pelajaran berbasis social salah satunya PKn adalah kemampuan peserta didik tidak bersifat konseptual yang artinya peserta didik akan lebih banyak menghadapi kondisi nyata masalah di kehidupan sosial. Pengembangan sumber belajar sebagai media pengetahuan sesuai dengan perubahan revolusi industry diharapkan dapat menjembati permasalahanpermasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pencapaian tujuan pembelajaran dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi, 1) potensi dan kondisi; 2) proses pengembangan; 3) karakteristik; 4) evektifitas; 5) kemenarikan; modul bahan ajar PBL berbantu media Qr-Code sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Penelitian merupakan penelitian pengembangan Bord and Gall dengan menggunakan pendekatan ADDIE. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang peserta didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XII. Hasil Penelitan dapat disimpulkan 1) potensi dan kondisi dikembangkannya modul bahan ajar PKn terbukti memiliki potensi dan kondisi untuk diterapkan di SMA Perintis 1 Bandar Lampung, 2) pengembangan modul bahan ajar dilakukan karena kurangnya sumber belajar PKn dan media digital yang digunakan, 3) karakteristik dari modul bahan ajar ini sangat efektif digunakan karena memiliki petunjuk penggunaan dan mudah di akses dengan memanfaatkan smartphone yang terkoneksi dengan internet peserta didik, 4) efektivitas modul bahan ajar memiliki tingkat efektivitas efektif dengan nilai rata-rata 0,71 dan efisiensi waktu yang digunakan cukup efektif dengan 90 menit untuk 1 kali pertemuan, dan modul bahan ajar memiliki cukup pengaruh dalam proses belajar mengajar dengan adanya perubahan hasil sebelum dan sesudah menggunakan modul bahan ajar PKn dengan hasil 16,488 > 2, 045, 5) kemenarikan modul bahan ajar memiliki klasifikasi sangat menarik dengan tingkat validasi sangat mudah untuk digunakan oleh peserta didik dengan hasil rata-rata persentase 90,3 %. Kata Kunci : Modul Bahan Ajar, Metode Problem Based Learning, Media Qr Code, Hasil Belajar iii ABSTRAC BY: ADE ARANSYAH Education must always be designed to be ready to face the times. The existence of demands on social-based subjects, one of which is Civics, is that the ability of students is not conceptual, which means that students will face more real conditions of problems in social life. The development of learning resources as a medium of knowledge in accordance with changes in the industrial revolution is expected to bridge the problems that arise in the implementation of achieving learning and educational goals. This study aims to analyze, 1) potential and conditions; 2) development process; 3) characteristics; 4) effectiveness; 5) attractiveness; PBL teaching material module assisted by Qr-Code media as a learning resource that suits learning needs. The research is a Bord and Gall development research using the ADDIE approach. The population of this study amounted to 30 high school students Perintis 1 Bandar Lampung class XII. The results of the research can be concluded 1) the potential and conditions for developing Civics teaching material modules are proven to have the potential and conditions to be applied at Perintis 1 Bandar Lampung High School, 2) the development of teaching material modules is carried out due to the lack of Civics learning resources and digital media used, 3) the characteristics of this teaching material module are very effective to use because they have instructions for use and are easily accessed by utilizing smartphones connected to the internet for students, 4) the effectiveness of the teaching material module has an effective effectiveness level with an average value of 0.71 and the efficiency of the time used is quite effective with 90 minutes for 1 meeting, and the teaching material module has enough influence in the teaching and learning process with changes in results before and after using the Civics teaching material module with the results of 16,488> 2, 045, 5) the attractiveness of the teaching material module has a very attractive classification with a validation level that is very easy to use by students with an average percentage of 90.3%. Keywords: Teaching Material Module, Problem Based Learning Method, QR Code Media, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301693276 . Digilib
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:25
Terakhir diubah: 24 Mar 2023 02:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70163

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir