PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PERBEDAAN GENDER (Studi Eksperimen Kelas X Pada SMAN 7 Bandar Lampung Pada Materi Keanekaragaman Hayati) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PERBEDAAN GENDER

Prima Cahya, Hapsari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PERBEDAAN GENDER (Studi Eksperimen Kelas X Pada SMAN 7 Bandar Lampung Pada Materi Keanekaragaman Hayati) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PERBEDAAN GENDER. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Prima Cahya Hapsari_1853024004.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Prima Cahya Hapsari_1853024004.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2277Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Prima Cahya Hapsari_1853024004.pdf

Download (1733Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berpikir kritis merupakan keterampilan kognitif dan disposisi intelektual agar peserta didik mampu berpikir secara rasional dan logis dalam memecahkan permasalahan. Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung bahwa proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan selama ini didominasi oleh pendidik dan belum mengarah pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan perbedaan gender di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Desain penelitian ini menggunakan Quasi experiment dengan bentuk Pretest-postest equivalent control groups design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung berjumlah 32 pada kelas eksperimen dan 32 kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang didapat dari hasil rata-rata pretest, postest, dan perhitungan nilai N-gain. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini uji two-way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik laki-laki dan perempuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Guided inquiry (sig. 0,00 < 0,05) dan gender (sig. 0,001 < 0,05) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Sebaiknya model pembelajaran Guided inquiry diterapkan oleh pendidik dalam proses pembelajaran dikelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pendidik lebih memperhatikan gender dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Berfikir Kritis, Gender, Guided inquiry, Keanekaragaman hayati

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301591059 . Digilib
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:32
Terakhir diubah: 24 Mar 2023 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70165

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir