SITI FATIMAH, 1113137029 (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KIBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (1873Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (309Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (432Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (566Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (544Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dilatarbelakangi dari hasil observasi pembelajaran di kelas IV SD Negeri 3 Kibang, yang menunjukkan bahwa pembelajaran belum dilaksanakan secara optimal, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa yang aktif meningkat setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 55,32% meningkat pada siklus II menjadi 62,50%, dan meningkat pada siklus III menjadi 77,54%. Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat setiap siklusnya, persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus I sebesar 59,25% meningkat pada siklus II menjadi 74,07%, dan meningkat pada siklus III menjadi 85,18%. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siklus I sebesar 59,25% (kategori baik), meningkat menjadi 66,67% (kategori baik) pada siklus II, dan meningkat menjadi 88,89% (kategori sangat baik) pada siklus III. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 66,67% (kategori cukup), meningkat menjadi 77,78% (kategori baik) pada siklus II, dan meningkat menjadi 88,89% (kategori baik) pada siklus III. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4131436 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Feb 2015 08:33 |
Terakhir diubah: | 09 Feb 2015 08:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7023 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |