PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBIASAAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

ZENIA , ELGA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBIASAAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKIRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1736Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1408Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat pendidik mengembangkan inovasi pembelajaran. Guru membutuhkan aplikasi pembelajaran yang sangat membantu siswa dalam belajar terutama dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dimana dibutuhkan aplikasi pembelajaran e-learning. Penggunaannya akan tetapi pendidik sering kali menemukan permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh guru sehingga mempersulit siswa dalam pembelajaran tersebut. dengan demikian siswa memerlukan literasi digital dalam penggunaan e-learning tersebut bertujuan agar siswa mudah memahami, menggunakan dan mendapatkan manfaat akan hasil pengaruh penggunaan dari e-learning. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning dalam pembiasaan literasi digital pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik utama angket dan observasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs negeri 1 Tanggamus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa paham akan penggunaan e-learning dalam pembiasaan literasi digital. E-learning diperlukan literasi terlebih dahulu agar paham akan kegunaan hal tersebut sehingga memudahkan siswa dalam belajar dan juga efektivitas siswa bisa belajar dimana pun kapan pun dalam menggunakan e-learning, semakin pendidik menggunakan pembelajaran elearning dengan baik, semakin peserta didik memiliki keberanian dan motivasi diri agar dapat menggunakan e-learning agar siswa berpartisipasi aktif. Kata Kunci: E-Learning, Literasi Digital, PPKn, Kewarganegaraan, Pancasila

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301572628 . Digilib
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:27
Terakhir diubah: 29 Mar 2023 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70253

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir