PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SEKOLAH DASAR

ARI , RAHAYU (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

PBL merupakan syarat dalam implementasi pemberlakuan pemerintah sesuai pembelajaran abad 21. E-Modul pembelajaran tematik berbasis PBL merupakan strategi alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul berbasis PBL. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan dengan metode ADDIE. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Gugus Raden Intan Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way kanan, Lampung. Sample penelitian adalah peserta didik kelas V UPT SD Negeri 01 Sangkaran Bhakti. Subjek dalam penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 22 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menunjukkan PBL sangat valid dan praktis untuk digunakan. Keefektifan teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,58, signifikansi 0,01<0,05. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa e- modul pembelajaran tematik berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis kelas V sekolah dasar. Keywords: Berpikir Kritis, E-Modul, PBL. PBL is a requirement in implementing government enforcement according to 21st century learning. PBL-based thematic learning e-modules are an alternative strategy to improve the critical thinking skills of elementary school students. This study aims to determine the validity, practicality and effectiveness of PBL-based e- modules. This type of research is Research and Development (R&D). Development is carried out using the ADDIE method. The population of this study was class V SD Gugus Raden Intan, Blambangan Umpu District, Way Kanan Regency, Lampung. The research sample was students of class V UPT SD Negeri 01 Sangkaran Bhakti. Subjects in the study were determined using a purposive sampling technique and obtained as many as 22 students. The data collection tool uses valid and reliable test instruments. Data analysis techniques show that PBL is very valid and practical to use. The effectiveness of data analysis techniques using N-Gain with a calculation result of 0.58, a significance of 0.01 <0.05. Based on this research it was concluded that the Problem Based Learning thematic learning e-module that was developed is valid, practical and effective for improving critical thinking skills of class V elementary school Keywords : Critical Thinking , E - Module, PBL.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301437351 . Digilib
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:25
Terakhir diubah: 31 Mar 2023 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70307

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir