PENERAPAN MEDIA MAGMA INDONESIA DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Devi , Widia Wati (2023) PENERAPAN MEDIA MAGMA INDONESIA DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1919Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1501Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang menerapkan media MAGMA Indonesia dengan yang hanya menerapkan media konvensional pada materi mitigasi bencana kelas XI IPS di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain Pre-testPosttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media MAGMA Indonesia dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sampel pada tiap kelompok berumlah 34 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay pemahaman konsep siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample TTest diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 yang artinya kurang dari 0.05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kata kunci: Media Pembelajaran, MAGMA Indonesia, Pemahaman Konsep Siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301576135 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:59
Terakhir diubah: 06 Apr 2023 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70391

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir