Devi , Widia Wati (2023) PENERAPAN MEDIA MAGMA INDONESIA DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1919Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1501Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang menerapkan media MAGMA Indonesia dengan yang hanya menerapkan media konvensional pada materi mitigasi bencana kelas XI IPS di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain Pre-testPosttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media MAGMA Indonesia dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sampel pada tiap kelompok berumlah 34 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay pemahaman konsep siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample TTest diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 yang artinya kurang dari 0.05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kata kunci: Media Pembelajaran, MAGMA Indonesia, Pemahaman Konsep Siswa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2301576135 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 03:59 |
Terakhir diubah: | 06 Apr 2023 03:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70391 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |