EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY DENGAN BANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM KOLOID

IDA , NOVIANA (2023) EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY DENGAN BANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model guided inquiry dengan bantuan edmodo pada materi sistem koloid untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 yang tersebar dalam enam kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 6. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,58, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,27. Hasil pengujian hipotesis (Independent Sample T Test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-Gain KPS antara kelas eksperimen menggunakan model guided inquiry dengan bantuan edmodo dengan rata-rata n-Gain KPS kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model guided inquiry dengan bantuan edmodo efektif dalam meningkatkan KPS pada materi sistem koloid. Kata kunci: guided inquiry, edmodo, keterampilan proses sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301261607 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:20
Terakhir diubah: 06 Apr 2023 06:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70410

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir