PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SIMULASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

Sri , Sudaryanti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SIMULASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
Thesis FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2375Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Thesis Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2250Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Integrasi media pembelajaran sangat penting untuk menciptakan meaningful learning di kelas. Stimulasi diberikan untuk memberikan feedback positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada subjek biologi. Salah satu materi yang sulit dipahami adalah sistem pencernaan makanan pada tubuh manusia, sehingga dibutuhkan inovasi teknologi dalam menyampaikannya. Tujuan penelitian meliputi (1) Karakteristik pengembangan media video simulasi sistem pencernaan makanan berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar; (2) Efektivitas penggunaan media video simulasi sistem pencernaan makanan berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar; dan (3) Kemenarikan penggunaan media video simulasi sistem pencernaan berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 5 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan pendekatan campuran. Teknik pengumpulan data seperti kuesioner, tes, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan statistik inferensial dan non inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakteristik pengembangan produk dilakukan melalui model ADDIE; (2) Penggunaan media video simulasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas; (3) Kemenarikan produk dinilai sangat menarik oleh peserta didik. Implikasi penelitian adalah melakukan inovasi media pembelajaran yang sulit dipahami lainnya guna meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301119629 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:42
Terakhir diubah: 06 Apr 2023 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir