PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

Diana Dodo , Mauli Pakpahan (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD. FAKULTASKEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1376Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1325Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang rendah, media pembelajaran yang terbatas dan peserta didik yang tidak banyak terlibat dalam proses pembelajaran di SD Negeri 3 Way Mengaku, Liwa, Lampung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SD Negeri 3 Way Mengaku. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design, Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Way Mengaku. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu peserta didik kelas IVa sebagai kelas kontrol dan kelas IVb sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran bahan bekas digunakan uji N-Gain dan diperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,56 dengan kategori cukup efektif. Nilai signifikansi dari uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smirnov adalah 0,000 yang menandakan data tidak berdistribusi normal dikarenakan ada data yang memiliki skor ekstrem. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dan diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,002 (0,002 < 0,05) yang menandakan nilai matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kesimpulanya ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IVb SD Negeri 3 Way Mengaku. Kata kunci: hasil belajar, matematika, media pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301245823 . Digilib
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:10
Terakhir diubah: 10 Apr 2023 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70481

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir