DELLA MEI , FERAYANTI (2023) TINGKAT KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI PADA PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DI MASA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2027Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1423Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tingkat kompetensi profesional mahasiswa program studi pendidikan geografi pada PLP di masa pandemi Covid- 19. Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populsi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan geografi angkatan 2017 dan 2018 yang melaksanakan PLP di masa pandemi covid-19 sebanyak 125 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi profesional yang dikuasai oleh mahasiswa termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 78,38% dengan rincian 5 indikator yaitu pada indikator menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pelajaran geografi sebesar 83,52% dengan kategori tinggi, indikator mengusai standar kompentensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan geografi memiliki kategori tinggi dengan nilai sebesar 83,07%, mengembangkan materi pembelajaran geografi secara kreatif sebesar 76,19% atau berada pada kategori tinggi , mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif sebesar 65,45% dengan kategori sedang serta memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri sebesar 83,72% dengan kategori tinggi. kompetensi profesional ini merupakan kompetensi yang secara isinya sudah dipelajari pada beberapa mata kuliah kependidikan dan beberapa kali juga melakukan praktek yang berkaitan dengan kependidikan, sehingga mahasiswa lebih menguasai dan mudah menerapkannya ketika PLP sehingga pada penelitian ini diperoleh kesimpulan tingkat penguasaan mahasiswa terhadap kompetensi profesional ini dengan kategori tinggi. Kata kunci: Kompetensi Mengajar, Kompetensi Profesional, PLP
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2301623107 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 03:20 |
Terakhir diubah: | 12 Apr 2023 03:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70567 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |