PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II MI AL-QURAN ROUDLATUL QURAN 2 TRIMURJO

AMRINA , ROSYADA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II MI AL-QURAN ROUDLATUL QURAN 2 TRIMURJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas II MI Al-Quran Roudlatul Quran 2 Trimurjo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II MI Al-Quran Roudlatul Quran 2 Trimurjo serta perbedaan penggunaan media boneka tangan pada kelas eksperimen dan penggunaan media gambar pada kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II yang berjumlah 34 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik totally sampling yaitu pengambilan sampel dengan seluruh jumlah populasi yakni 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi serta observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II MI Al-Quran Roudlatul Quran 2 Trimurjo serta tedapat perbedaan yang positif dan signifikan pada penggunaan media boneka tangan di kelas eksperimen daripada penggunaan media gambar pada kelas kontrol. Kata kunci: media boneka tangan, hasil belajar tematik. The problem in this research was the low thematic learning result of second grade elementary school students. The study aims to analyze and describe the effect of hand puppet media on thematic learning result for second grade students of MI Al-Quran Roudlatul Quran 2 Trimurjo and also the difference between hand puppet media in experimental class and picture media in control class. The research method used quasi- experimental research design with a non-equivalent control group design. The population of the study was all second grade students which consited 34 students. This research used totally sampling technique namely taking samples with all of population which consite 34 students. Data collection techniques used test and non-test in the form of documentation and observation. Analysis of the data used simple linear regression test and t-test. The results of the study showed that there was positive and significant effect of the hand puppet media on thematic learning result of second grade students of MI Al-Quran Roudlatul Quran 2 Trimurjo and there was positive and significant difference of the hand puppet media in experimental class compared picture media in control class. Keywords: hand puppet media, thematic learning result.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301167742 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:38
Terakhir diubah: 14 Apr 2023 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70842

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir