PENGARUH PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

DIAH , EKARINI (2023) PENGARUH PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1327Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1203Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental tipe one group pre-test - post-test design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak berusia 5-6 tahun yang diperoleh melalui teknik sampel acak sederhana. Hasil rata-rata pre-test yang diperoleh melalui hasil observasi sebesar 71,16. Setelah pre-test dilakukan kemudian diberikan perlakuan dengan permainan bisik berantai untuk melatih kemampuan berbicara anak, selama melakukan perlakuan (treatment), terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari nilai post-test yang memperoleh rata-rata sebesar 88, 83. Analisis data yang digunakan adalah uji paired t-test pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Kemudian, untuk menguji signifikasi data dilakukan dengan membandingkan nilai Sig. (2-tailed) dengan nilai α. Berdasarkan hasil uji paired t-test pada data pre-test dan post-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 kemudian nilai α sebesar 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai Sig. (2-tailed) < nilai α (0,001 < 0,05). Demikian disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh dari permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Permainan Bisik Berantai, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2301245080 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:23
Terakhir diubah: 14 Apr 2023 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70852

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir