PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EXPRESSION UNTUK MENSTIMULUS SYSTEM THINKING DAN NUMERACY SKILLS PESERTA DIDIK PADA TOPIK OPTIKA

Septina, Sri Haryanti (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EXPRESSION UNTUK MENSTIMULUS SYSTEM THINKING DAN NUMERACY SKILLS PESERTA DIDIK PADA TOPIK OPTIKA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (15Mb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (16Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (16Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program pembelajaran menggunakan model ExPRession yang valid untuk menstimulus system thinking dan numeracy skills peserta didik pada topik optika, serta kepraktisan dan efektivitas program pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Reaserch (DDR) dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis statistik untuk efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan program pembelajaran menggunakan model ExPRession valid untuk menstimulus system thinking dan numeracy skills peserta didik pada topik optika dengan persentase 92.0%. Kepraktisan program pembelajaran memperoleh persentase 93.1% dengan kriteria sangat praktis, dan efektivitas memperoleh N-Gain 0.6 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Program pembelajaran menggunakan model ExPRession yang valid, yaitu meliputi silabus, RPP, e-LKPD, dan e-Handout yang diterapkan pada pembelajaran dengan tahapan orientasi, ekspresi, investigasi, evaluasi, dan generalisasi dengan aktivitas-aktivitas yang dapat menstimulus indikator system thinking dan numeracy skills; 2) Kepraktisan program pembelajaran menggunakan model ExPRession yang ditinjau dari segi keterlaksanaan, kemenarikan, dan keterbacaan, terkategori sangat praktis, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Fisika SMA, kelas XI semester genap, topik Optika; serta 3) Efektivitas program pembelajaran terkategori sedang, sehingga program pembelajaran mengunakan model ExPRession dinyatakan dapat menstimulus system thinking dan numeracy skills peserta didik pada Topik Optika. Kata kunci: model pembelajaran ExPRession, numeracy skills, program pembelajaran, system thinking.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301558273 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:21
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 01:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71010

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir