PENGEMBANGAN PROGRAM BLENDED LEARNING BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS UNTUK MENSTIMULUS COMPLEX PROBLEM SOLVING DAN MEREDUKSI LEARNING LOSS

MUNADHIROTUL, AZIZAH (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM BLENDED LEARNING BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS UNTUK MENSTIMULUS COMPLEX PROBLEM SOLVING DAN MEREDUKSI LEARNING LOSS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK (ABSTRACK).pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] File PDF (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3700Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2927Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program Blended Learning berbasis Multiple Representations yang valid, praktis, dan efektif untuk menstimulus complex problem solving dan mereduksi learning loss. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desian pengembangan ADDIE yang meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data menggunakan mixed method yang memadukan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program Blended Learning berbasis Multiple Representations dinyatakan valid, meliputi silabus, RPP, e-LKPD dan e-Handout yang proses pembelajarannya dirancang dengan memuat aktivitas-aktivitas yang memaksimalkan penggunaan berbagai representasi yang dapat menstimulus CPS dan mereduksi learning loss. Penyajikan e-LKPD dan e-Handout berbasis MRs telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik untuk belajar secara mandiri maupun secara kelompok sehingga dapat menstimulus complex problem solving dan mereduksi learning loss. 2) Kepraktisan program Blended Learning berbasis Multiple Representations ditinjau berdasarkan respon peserta didik yang meliputi respon terhadap proses pembelajaran, respon terhadap e-LKPD dan e-Handout berbasis Multiple Representations sehingga dapat digunakan sebagai pada pembelajaran fisika SMA kelas XII semester ganjil topik listrik arus searah. 3) Efektivitas program Blended Learning berbasis Multiple Representations terkategori sedang sehingga mampu menstimulus complex problem solving dan mereduksi learning loss.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301682988 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:29
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir