PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ratih , Dwi Anggreini (2023) PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3484Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sintaks atau tahapan model discovery learning dengan open-ended yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tahapan penelitian ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan model pembelajaran, validasi, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Ujit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintaks atau tahapan model discovery learning dengan open-ended pada materi relasi dan fungsi memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan dan termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya rata-rata skor N-Gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mengikuti model discovery learning dengan open-ended lebih dari rata-rata skor n-gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sehingga model discovery learning dengan openended efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: pemecahan masalah, discovery learning, open-ended

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301072236 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:43
Terakhir diubah: 17 Apr 2023 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71019

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir