NESA , SAPUTRI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PEMBELAJARAN WAWANCAN MELALUI MODEL NATURE LEARNING DI KELAS X SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3608Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah prosedur pengembangan lembar kerja peserta didik LKPD materi pembelajaran wawancan melalui model nature learning di kelas X SMA. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik dan mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan lembar kerja peserta didik LKPD materi pembelajaran wawancan melalui model nature learning di kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah validator, yakni terdiri dari dua orang Dosen meliputi ahli materi, ahli media, praktisi bahasa dan aksara lampung dan siswa SMA Negeri 1 Pringsewu, SMA Negeri 2 Pringsewu, dan SMA Negeri 1 Ambarawa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, angket. Kegiatan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Instrumen penelitian menggunakan skla likert dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berhasil dikembangkan pengembangan lembar kerja peserta didik LKPD materi pembelajaran wawancan melalui model nature learning di kelas X SMA” dan (2) LKPD wawancan yang dikembangkan tergolong ke dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba ahli mendapatkan kategori sangat layak dengan perolehan penilian ahli materi 90,42, ahli media dengan perolehan penilaian 93,75. Selain uji validasi para ahli, uji kelayakan berdasarkan pandapat dan pandangan siswa sebagai pengguna LKPD memperoleh penilaian dengan kategori sangat layak. Adapun kelayakan berdasarkan pendapat dan pandangan siswa sebagai pengguna meliputi tiga aspek, yakni penilaian aspek sajian memperoleh penilaian 90%, aspek kebahasaan memperoleh 83,25% dan aspek kegrafikan memperoleh penilaian 90%. Kata Kunci: LKPD, Wawancan, Nature Learning
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa lain |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah |
Pengguna Deposit: | 2301408596 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:06 |
Terakhir diubah: | 18 Apr 2023 03:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71075 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |