PENGGUNAAN METODE DRILL PADA PADUAN SUARA DALAM EKSTRAKURIKULER DI SMA FRANSISKUS BANDAR LAMPUNG

NATALIA , ANGGUN PRATIWI (2023) PENGGUNAAN METODE DRILL PADA PADUAN SUARA DALAM EKSTRAKURIKULER DI SMA FRANSISKUS BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1727Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (936Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Paduan suara merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Fransiskus Bandar Lampung. Banyak prestasi yang telah diraih oleh Paduan Suara SMA Fransiskus dalam berbagai kompetisi baik tingkat lokal maupun internasional. Disamping itu siswa yang tergabung dalam paduan suara memiliki kemampuan bernyanyi yang berbeda-beda, tetapi metode yang digunakan dalam pembelajaran paduan suara adalah metode yang sama. Adapun metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode drill, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode drill pada paduan suara dalam ekstrakurikuler di SMA Fransiskus Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode drill pada paduan suara dalam ekstrakurikuler di SMA Fransiskus Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa penggunaan metode drill pada paduan suara SMA Fransiskus Bandar Lampung meliputi, (1) Menyiapkan materi lagu dengan memfotokopi teks materi, (2) Menetapkan jam kegiatan pembelajaran paduan suara yaitu pada Selasa dan Jumat, (3) Mengontrol siswa dengan mengulang-ulang materi yang dinyanyikan paduan suara, (4) Membuat standar penilaian dengan menilai sejauh mana paduan suara dapat menyanyikan materi lagu, (5) Menyiapkan bahan evaluasi dengan guru memberikan perbaikan ketika paduan suara kurang tepat dalam menyanyikan materi lagu. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian adalah penggunaan metode drill merupakan metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran. Dari tahapan-tahapan tersebut guru mengatur dengan sangat teliti sehingga penggunaan metode drill dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam hal paduan suara. Kata kunci : ekstrakurikuler, paduan suara, pembelajaran, metode drill, tahapan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Musik
Pengguna Deposit: 2301461949 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:22
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71088

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir