PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA EKSTRAKURIKULER TARI MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI SMPN 2 KOTAGAJAH

Viola , Silvyana Sidhi (2023) PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA EKSTRAKURIKULER TARI MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI SMPN 2 KOTAGAJAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3391Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2260Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari Bedana pada ekstrakurikuler tari menggunakan metode tutor sebaya di SMPN 2 Kotagajah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menjabarkan hasil penelitian secara deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data yang dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tari Bedana pada ekstrakurikuler tari dilaksanakan dengan metode tutor sebaya. Diawali dengan pelatih memilih 4 siswa sebagai tutor dengan kriteria yaitu: siswa yang lebih menguasai ragam gerak tari Bedana, bertanggung jawab, mempunyai motivasi yang tinggi dan mampu menciptakan kreativitas. Diketahui bahwa pembelajaran tari Bedana dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama hingga keempat, proses pembelajaran diawali dengan guru menyampaikan materi 3 ragam gerak, lalu mempersilahkan siswa mengikuti gerak secara bersama-sama yang dilanjutkan dengan guru mempersilahkan siswa berlatih bersama tutor LA, OR, IG, TA. Diketahui bahwa keempat tutor mempunyai metode yang berbeda dalam proses pembelajarannya, LA dan TA mempraktikan gerakan dengan cara lambat, OR mempraktikan gerakan langsung secara bersama-sama, dan IG meminta temannya untuk mempraktikan sendiri lalu dikoreksi. Metode tutor sebaya pada pebelajaran tari bedana ini juga dilengkapi dengan metode demonstrasi oleh guru. Kata Kunci: Pembelajaran, Tari Bedana, Tutor Sebaya

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301953158 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:26
Terakhir diubah: 26 Apr 2023 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir