PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN CIVIC DISPOSITION BAGI PESERTA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

EVANTI RAHMA , WURYANDARI (2023) PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN CIVIC DISPOSITION BAGI PESERTA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (1630Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1630Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1630Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap peningkatan Civic Disposition. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni mahasiswa Program Kampus Mengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Program Kampus Mengajar terhadap Peningkatan Civic Disposition sebesar 42,6% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: meningkatkan soft skill, problem solving, kreativitas. Kemudian dalam indikator variabel dependen (Y) yaitu: Tanggung jawab, disiplin diri, berpikir untuk kepentingan umum atau pribadi dan kompromi (kerjasama). Civic disposition berkaitan erat dengan perkembangan watak/karakter warga negara. Program Kampus Mengajar memberikan pengaruh karena dapat meningkatkan soft skill, problem solving, kreativitas, tanggung jawab, disiplin diri, berpikir untuk kepentingan umum atau pribadi dan kompromi melalui kegiatan positif yang diselenggarakan sekolah. Melalui kegiatan tersebut, terjadi peningkatan civic disposition. Kata Kunci :Program Kampus Mengajar, Civic Disposition.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301340850 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2023 05:16
Terakhir diubah: 28 Apr 2023 05:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71175

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir