AMRINA , SANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP RESPONSIBILITY HERITAGE TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1516Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1393Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap responsibility heritage TNBBS dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMA Negeri 1 Semaka. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non ekuivalen. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data responsibility peserta didik diperoleh melalui angket skala likert yang hasilnya dianalisis dengan uji One-Way ANOVA, sedangkan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari soal tes yang hasilnya dianalisis dengan uji Independet Sample Ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap responsibility heritage TNBBS dan hasil belajar kognitif peserta didik pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig 0,00 dan sig 0,00. Dimensi responsibility yang paling dikuasai oleh peserta didik adalah dimensi tindakan aksi. Aspek kognitif yang paling dikuasai oleh peserta didik adalah aspek memahami. Tanggapan peserta didik terkait penggunaan model pembelajaran Discovery Learning adalah baik. Kata kunci : Discovery Learning, Responsibility, Hasil Belajar Kognitif, TNBBS.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301388658 . Digilib |
Date Deposited: | 19 May 2023 06:40 |
Terakhir diubah: | 19 May 2023 06:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71310 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |