PUJI, LESTARI (2023) ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (279Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3089Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2537Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber belajar IPA bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) yang berbasis kearifan lokal di Wonosobo yang dapat digunakan untuk membelajarkan materi “bioteknologi” serta kesesuaian sumber belajar IPA bermuatan STEM yang berbasis kearifan lokal di Wonosobo dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013, lebih tepatnya pada KD 3.7 yaitu menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia dan KD 4.7 yaitu membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar. Kearifan-kearifan lokal yang ditemukan di Wonosobo setelah dianalisis melalui instrumen wawancara banyak mengandung nilai STEM sehingga kearifan lokal ini dapat dijadikan sumber belajar yang bermuatan STEM. Populasi penelitian ini adalah tokoh adat, masyarakat dan pendidik IPA di SMP Negeri 1 Wonosobo dan SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kearifan lokal yaitu tempoyak dan bekasam yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM untuk membelajarkan materi Bioteknologi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301532914 . Digilib |
Date Deposited: | 20 May 2023 05:49 |
Terakhir diubah: | 20 May 2023 05:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71335 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |