PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD

MARSASANDA , ANDARIN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2178Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1869Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pada model pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 1 Harapa Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 74 peserta didik dengan sampel sebanyak 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada model pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 1 Harapa Jaya tahun pelajaran 2022/2023. Namun, model pembelajaran inquiry memiliki tingkat pengaruh positif yang lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran discovery learning, sehingga setelah dianalisis terdapat perbedaan antara hasil belajar inquiry dan discovery learning. Kata Kunci : discovery learning, hasil belajar IPA, inquiry. This study's issue concerns the low learning outcomes of Science subjects in primary fifth-grade schools. This study aimed to determine the positive effect of inquiry and discovery learning models on the Science subject learning outcomes of State Primary School 1 of Harapan Jaya fifth-graders. This study employed a quasi- experimental method with a nonequivalent control group design. This research utilised non-probability and purposive sampling techniques. This research's population consisted of 74 students, and the sample was 50. The data was collected by conducted tests and non-tests. The data was analysed using a simple linear regression test and T-test. The findings indicated that the inquiry and discovery learning models positively affected the Science subject learning outcomes of fifth- grade students at State Primary School 1 of Harapan Jaya in the academic year of 2022/2023. However, the inquiry learning model had a greater level of a positive effect than the discovery learning model; therefore, there was a difference between the learning outcomes of inquiry and discovery learning outcomes after analysing. Keywords : discovery learning, inquiry, Science subject learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301287395 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2023 06:45
Terakhir diubah: 25 May 2023 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71447

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir