HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

SHINTIA, SASMIA (2023) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1481Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1388Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan faktor minat baca. Faktor pemanfaatan sumber belajar perpustakaan yaitu sumber belajar perpustakaan belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Faktor minat baca yaitu rendahnya minat baca peserta didik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan minat baca dengan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini adalah ex–post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 83 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan minat baca dengan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi sebesar 0,943 berada pada taraf “sangat kuat”. Kata Kunci : hasil belajar, minat baca, perpustakaan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301777768 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2023 08:18
Terakhir diubah: 25 May 2023 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71454

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir