PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL YANG BERORIENTASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

WAYAN, WIDYA RANI (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL YANG BERORIENTASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3948Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3846Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD Berbasis inkuiri dengan pendekatan konstektual yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur pengembangan Model R&D dengan mengacu pada prosedur pengembangan. Data penelitian diperoleh menggunakan angket, observasi, wawancara dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis kemudian digunakan untuk merevisi dan memvalidasi LKPD yang dikembangkan sehingga diperoleh LKPD yang layak sesuai dengan kriteria yang ditentukan yaitu valid , praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 11 Mesuji dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023 dan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD yang dikembangkan terkategori valid (layak digunakan) berdasarkan penilaian validator ahli media dan materi. Selain itu, LKPD yang dikembangkan juga terkategori praktis berdasarkan penilaian siswa dan tanggapan dari guru matematika dan pada pengujian data pretest dan posttest, LKPD tersebut efektif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan rata-rata indeks gain 0,74. Kata Kunci: LKPD, kemampuan pemecahan masalah, inkuiri, pendekatan konstektual

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301255640 . Digilib
Date Deposited: 30 May 2023 04:15
Terakhir diubah: 30 May 2023 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71540

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir