PENGEMBANGAN MODUL PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA

Fitriani, - (2023) PENGEMBANGAN MODUL PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (anyone)
Abstrak.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF (Registered staff only)
Tesis Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2570Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Anyone)
Tesis tanpa bab pembahasan.pdf

Download (1936Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pada pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa yang valid dan praktis serta menguji keefektifan produk yang dikembangkan. Penelitian ini mengacu pada Borg & Gall dimulai dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk awal, uji coba lapangan awal dan revisi uji coba lapangan awal. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Data dari penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes kemampuan berpikir reflektif siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan memuat analisis ketuntasan belajar dan peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul pada pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa telah memenuhi kriteria valid/layak dan praktis digunakan; (2) pembelajaran menggunakan produk hasil pengembangan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa serta ketuntasan belajar secara klasikal lebih dari 50% Kata kunci: modul, Creative Problem Solving (CPS), berpikir reflektif

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301383369 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2023 08:24
Terakhir diubah: 31 May 2023 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71579

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir