ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM FILM MARS: MIMPI ANANDA RAIH SEMESTA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

FAJRINA , ZAHRATUNISA (2023) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM FILM MARS: MIMPI ANANDA RAIH SEMESTA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2926Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1506Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam dialog film MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta. Hasil penelitian diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dialog antartokoh dalam film MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik simak dan catat lalu diklasifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk alih kode yang terdapat dalam film MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta terdiri atas alih kode internal dan eksternal. Bentuk campur kode meliputi kata, frasa, ungkapan/idiom, perulangan kata, dan klausa. Adapun faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode yang ditemukan dalam penelitian ini. Faktor penyebab alih kode adalah latar belakang penutur, mitra tutur, kehadiran orang ketiga, perubahan situasi, dan perubahan topik pembicaraan. Sementara itu, faktor penyebab campur kode adalah latar belakang penutur yang seorang dwibahasawan, pilihan padanan kata yang lebih sesuai, penggunaan istilah populer, dan penggunaan istilah keagamaan. Hasil penelitian ini diimplikasikan sebagai contoh-contoh pada saat guru menyampaikan materi teks negosiasi di SMA. Kata kunci: alih kode, campur kode, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301239200 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:42
Terakhir diubah: 07 Jun 2023 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71733

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir