PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK DUNIA HEWAN OLEH SISWA

Soni Satrian Syah, 0913024018 (2015) PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK DUNIA HEWAN OLEH SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAA.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (306Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (177Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemilihan dan penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan sangatlah penting dalam proses pembelajaran, agarpembelajaran dapat bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental semu dengan desain pretest postest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas dan SMA Negeri 1 Sukadana yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang terdiri dari mengajukan pertanyaan; memberikan ide atau pendapat; berkomunikasi dalam kelompok; bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok; dan menjawab pertanyaan. Tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar brosur dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis dengan menggunakan Uji Nomalitas, Uji Kesamaan Dua Varians, dan Uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjkkan bahwa rata-rata N-gain siswa kelompok eksperimen mengalami peningkatan (65,79%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada aspek kognitif C1 dan C2 dengan rata-rata N-gain berkriteria tinggi (73,18%) untuk aspek kognitif C1 dan untuk indikator kognitif C2 memiliki kriteria sedang (44,96%). ). Selain itu juga rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pada aktivitas berkomunikasi dalam kelompok mendapat kriteria tinggi,bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok berkriteria sangat tinggi, dan menjawab pertanyaan berkriteria tinggi. Sedangkan aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan berkriteria sangat rendah dan dalam memberikan ide atau pendapat berkriteria rendah. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan bahan ajar brosur. Dengan demikian penggunaan bahan ajar brosur dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Kata kunci: Bahan ajar brosur, dunia hewan, hasil belajar siswa, model TPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QL Zoology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2543565 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2015 03:24
Terakhir diubah: 20 Feb 2015 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir