Soni Satrian Syah, 0913024018 (2015) PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK DUNIA HEWAN OLEH SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAA.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (306Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (177Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemilihan dan penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan sangatlah penting dalam proses pembelajaran, agarpembelajaran dapat bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental semu dengan desain pretest postest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas dan SMA Negeri 1 Sukadana yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang terdiri dari mengajukan pertanyaan; memberikan ide atau pendapat; berkomunikasi dalam kelompok; bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok; dan menjawab pertanyaan. Tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar brosur dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis dengan menggunakan Uji Nomalitas, Uji Kesamaan Dua Varians, dan Uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjkkan bahwa rata-rata N-gain siswa kelompok eksperimen mengalami peningkatan (65,79%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada aspek kognitif C1 dan C2 dengan rata-rata N-gain berkriteria tinggi (73,18%) untuk aspek kognitif C1 dan untuk indikator kognitif C2 memiliki kriteria sedang (44,96%). ). Selain itu juga rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pada aktivitas berkomunikasi dalam kelompok mendapat kriteria tinggi,bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok berkriteria sangat tinggi, dan menjawab pertanyaan berkriteria tinggi. Sedangkan aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan berkriteria sangat rendah dan dalam memberikan ide atau pendapat berkriteria rendah. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan bahan ajar brosur. Dengan demikian penggunaan bahan ajar brosur dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Kata kunci: Bahan ajar brosur, dunia hewan, hasil belajar siswa, model TPS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QL Zoology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2543565 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 03:24 |
Terakhir diubah: | 20 Feb 2015 03:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7176 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |