KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI IMPLEMENTASI MODEL PBL DAN PJBL DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KATIBUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sariyati , Maharani (2023) KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI IMPLEMENTASI MODEL PBL DAN PJBL DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KATIBUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. abstrak - abstract.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] File PDF
2. skripsi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1840Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. skripsi tanpa pembahasan.pdf

Download (1638Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan motivasi berprestasi serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk meneliti ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan model PBL dan model PjBL, ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang motivasi berprestasinya tinggi dengan siswa yang motivasi berprestasinya rendah, efektifitas antara model PjBL dengan PBL pada hasil belajar ekonomi siswa motivasi berprestasinya tinggi dan rendah, serta ada/tidak interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment pendekatan komparatif dengan desain faktorial 2x2, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling berjumlah 68 sampel, teknik pengumpulan datanya observasi, dokumentasi, tes dan eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan ANOVA Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil penelitian ini diantaranya tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model PBL dengan model PjBL, ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang motivasi berprestasinya tinggi dengan siswa motivasi berprestasinya rendah, berarti rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang motivasi berprestasinya tinggi pembelajarannya menggunakan Model PjBL lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan Model PBL, rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang motivasi berprestasinya rendah pembelajarannya menggunakan Model PjBL lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan Model PBL, dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: PBL, PjBL, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Ekonomi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2301670789 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:08
Terakhir diubah: 08 Jun 2023 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71795

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir