UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA GAMBAR DAN VIDEO SERTA LINGKUNGAN SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 2 ENGGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Muhammad, NURHASIKIN (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA GAMBAR DAN VIDEO SERTA LINGKUNGAN SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 2 ENGGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto all.pdf - Published Version

Download (352Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang diangkat disini adalah nilai anak dalam pelajaran IPA masih rendah (dibawah KKM) maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan menggunakan alat peraga gambar dan video serta lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Enggal Tahun Pelajaran 2011/2012? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 21 siswa, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan instrumen penilaiannya berupa tes formatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA pada siswa SD Negeri 2 Enggal dengan menggunakan alat peraga gambar dan video serta lingkungan sehingga siswa dapat termotivasi dan meningkatkan hasil yang baik dalam belajar. Hasil Penelitian menunjukan: pada siklus pertama dengan mengguanakan alat peraga gambar diperoleh prosentase ketuntasan belajar dari 21 siswa Berdasarkan hasil tes formatif dan hasil observasi perolehan nilai di atas tidak begitu baik karena dari 21 siswa yang mendapatkan nilai 5 ada 9 (42,857%), nilai 6 ada 3 siswa (14,286%) , nilai 7 ada 4 siswa (19,048%), nilai 8 ada 3 siswa (14,286%) dan nilai 9 ada 2 siswa (9,523%), Pada siklus kedua dengan menggunakan alat peraga video diperoleh prosentase hasil tes formatif sebagai berikut siswa nilai 5 sebanyak 2 siswa (9,523%) mendapat nilai 6 sebanyak 2 siswa (9,523%), mendapat nilai 7, sebanyak 8 siswa (38,097%), mendapat nilai 8 sebanyak 2 siswa (9,523%), mendapat nilai 9 sebanyak 7 siswa (33,334%), Sedangkan hasil observasi sebagai berikut siswa yang Sangat Kurang Aktif 0 siswa (0%), Kurang Aktif 1 siswa (4,761%), Cukup Aktif 7 siswa(33,334%), aktif 4 siswa(19,048%), Sangat Aktif 9 siswa (42,857%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran IPA dengan menggunakan Alat peraga gambar dan video yang dilakukan dengan dua siklus telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah Sekolah dapat memberikan atau menyediakan sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam pembelajaran khususnya pelajaran IPA pokok bahasan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kata Kunci: Dengan Metode Gambar dan Video Minat dapat meningkat pelajaran IPA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:37
Terakhir diubah: 24 Jan 2014 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir